INFO CPNS KABUPATEN SAMOSIR

print this page
P E N G U M U M A N TENTANG PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH KABUPATEN SAMOSIR TAHUN ANGGARAN 2008


Berdasarkan surat Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor B/383.P/M.PAN/10/2008 tanggal 31 Oktober 2008 tentang Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah Tahun 2008 sebanyak 395 orang untuk mengisi jabatan-jabatan yang tersedia pada Pemerintah Kabupaten Samosir. Untuk hal tersebut Pemerintah Kabupaten Samosir mengundang Putra-putri Indonesia untuk berkompetisi mengisi jabatan-jabatan tersebut sesuai dengan kualifikasi pendidikan dan persyaratan seperti tersebut dibawah ini

NAMA JABATAN, JUMLAH DAN KUALIFIKASI PENDIDIKAN PENERIMAAN CPNS DAERAH
KABUPATEN SAMOSIR DARI PELAMAR UMUM TAHUN 2008

(no, jabatan, kualifikasi pendidikan, alokasi)

I. GURU
1. Guru Agama SD, - S1/AIV Agama Kristen Protestan, 2 orang
- DIII/AIII Agama Katolik, 1 orang
- S1/AIV Agama Katolik, 1 orang
2. Guru Kelas SD, - DII/AII PGSD, 86 orang
- S1/AIV PGSD, 5 orang
3. Guru Bahasa Inggris SD, - S1/AIV Bahasa dan Sastra Inggris, 23 orang
4. Guru Penjaskes SD, - S1/AIV Penjaskes, 6 orang
- DII/AII Penjaskes 3 orang
5. Guru Agama Protestan SMP, SMK, - S1/AIV Agama Kristen Protestan, 5 orang
6. Guru Agama Katolik SMP, SMA, SMK, - SI/AIV Agama Katolik, 4 orang
7. Guru PPKn SMP, SMA, SMK, - S1/AIV PPKn, 14 orang
8. Guru Bahasa Indonesia SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Bahasa dan Sastra Indonesia, 13 orang
9. Guru Bahasa Inggris SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Bahasa dan Sastra Inggris, 10 orang
10. Guru Matematika SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Matematika, 8 orang
11. Guru Penjas SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Penjaskes, 8 orang
12. Guru Fisika SMP, SMA, - S1/AIV Fisika, 8 orang
13. Guru Kimia SMP, SMA, - S1/AIV Kimia, 12 orang
14. Guru Biologi SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Biologi, 6 orang
15. Guru Ekonomi SMP, SMA, - S1/AIV Ekonomi, 11 orang
16. Guru Sosiologi SMA, - S1/AIV Sosiologi, 3 orang
17. Guru Sejarah SMP, SMA, - S1/AIV Sejarah, 6 orang
18. Guru Geografi SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Geografi, 8 orang
19. Guru Seni Tari SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Seni Tari, 5 orang
20. Guru Seni Musik SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Seni Musik, 5 orang
21. Guru Seni Rupa SMP, SMA, SMK, - S1/AIV Seni Rupa, 3 orang
22. Guru Tata Boga SMK, - S1/AIV Tata Boga, 1 orang
23. Guru Pariwisata SMK, - S1/AIV Pariwisata, 1 orang
J U M L A H, - 258 orang

II KESEHATAN
1. Asisten Apoteker, - SMF, 1 orang
2. Perawat, - DIII Akademi Keperawatan, 15 orang
3. Bidan, - DIII Akademi Kebidanan, 5 orang
4. Perekam Medis, - DIII ATEM, 1 orang
- DIII Rekam Medis, 1 orang
5. Analisis Kesehatan Lingkungan, - DIII Akademi Kesehatan Lingkungan, 4 orang
6. Analisis Kesehatan, - DIII Akademi Analisis Kesehatan, 5 orang
7. Ahli Farmasi, - DIII Akademi Farmasi, 4 orang
- DIII Akademi Farmasi dan Makanan, 1 orang
8. Perawat Gigi, - DIII Akademi Kesehatan Gigi, 6 orang
9. Penata Gizi, - DIII Akademi Gizi, 6 orang
10. Fisioterapis, - DIII Akademi Fisio Therapi, 3 orang
11. Radiografer, - DIII Radiografer, 1 orang
12. Dokter, - S1 Kedokteran Umum, 7 orang
13. Dokter Gigi, - S1 Kedokteran Gigi, 1 orang
14. Perawat, - S1 Keperawatan, 3 orang
S1 Kesehatan Masyarakat :
15. Penyuluh Kesehatan Masyarakat, - Keselamatan Kesehatan Kerja, 1 orang
16. Administrator Kesehatan, - Administrasi Kebijakan Kesehatan, 1 orang
17. Ahli Gizi, - Gizi Masyarakat, 2 orang
18. Pranata Humas, - Pendd. Komunikasi dan Ilmu Perilaku, 1 orang
J U M L A H, 69 ORANG

III TENAGA TEKNIS
1. Analisis Laboratorium, - DIII AMDAL, 1 orang
2. Penyuluh KB, - DIII AKBID, 1 orang
3. Verifikator, - DIII Akuntansi, 2 orang
4. Pranata Laporan Keuangan, - DIII Akuntansi, 10 orang
5. Penyusun Program Pemasaran Produk Wisata, - DIII Desain Grafis, 1 orang
6. Penyusun Program Pemasaran Produk Wisata, - DIII Design, 1 orang
7. Analis Dampak Lingkungan, - DIII Kimia Analis, 1 orang
8. Pranata Komputer, - DIII Komputer Akuntansi, 1 orang
9. Pranata Komputer, - DIII M. Inf. Komputer, 2 orang
10. Perencana Kegiatan Konservasi, - DIII Konservasi Hutan, 1 orang
11. Pengatur Program Mekanisasi Pertanian, - DIII Mekanisasi Pertanian, 1 orang
12. Penyiap Bahan Program Pengembangan Pariwisata, - DIII Pariwisata, 2 orang
13. Penyiap Bahan Penataan Ruang, - DIII T. Sipil, 1 orang
14. Penyiap Bahan Perencanaan Tata Kota, - DIII Teknik Arsitektur, 1 orang
15. Penyiap Bahan Perencanaan Kegiatan Konservasi, - DIII Teknik Konservasi Lahan dan Air, 2 orang
16. Penyiap Bahan Perencanaan Kegiatan Konservasi, - DIII Teknik Sipil, 1 orang
17. Pengawas Sistem Transportasi Darat, - DIV Transportasi Darat, 1 orang
18. Pengawas Keselamatan Pelayaran, - DIV Teknika, 1 orang
19. Penggerak Swadaya Masyarakat, - S1 Ilmu Sosial, 1 orang
20. Pranata Komputer, - S1 T. Informatika, 1 orang
21. Pranata Laporan Keuangan, - S1 Akuntansi, 1 orang
22. Auditor, - S1 Akuntansi, 1 orang
23. Peneliti Izin Pertanian/Perkebunan, - S1 Agribisnis Pertanian, 1 orang
24. Penyusun Program Kepariwisataan, - S1 Ek. Manajemen, 1 orang
25. Analis Potensi Ekonomi dan Pembangunan, - S1 Ek. Studi Pembangunan, 1 orang
26. Perencana, - S1 Ek. Studi Pembangunan, 1 orang
27. Pengendali Hama dan Penyakit Tanaman, - S1 Hama dan Penyakit Tanaman, 2 orang
28. Penyusun Program Pengembangan Pariwisata, - S1 Hubungan Internasional, 1 orang
29. Analis Hukum, - S1 Hukum Perdata, 1 orang
30. Analis Hukum, - S1 Hukum Pidana, 1 orang
31. Analis Hukum, - S1 Hukum Tata Negara, 1 orang
32. Analisis Tata Praja, - S1 Ilmu Pemerintahan, 3 orang
33. Analisis Tata Praja,- S1 Ilmu Pemerintahan desa, 1 orang
34. Penyusun Program Mekanisasi Pertanian, - S1 Mekanisasi Pertanian, - 1 orang
35. Penyuluh Pariwisata, - S1 Pariwisata, 1 orang
36. Perencana Produksi Ternak, - S1 Produksi Ternak, 1 orang
37. Pranata Humas, - S1 Publistik, 1 orang
38. Penterjemah, - S1 Sastra Inggris, 1 orang
39. Instruktur, - S1 Seni Rupa, 1 orang
40. Pamong Budaya, - S1 Seni Tari, 1 orang
41. Penyuluh Pertanian, - S1 Sosial Ekonomi Pertanian, 1 orang
42. Peneliti Parpol, - S1 Sosial Politik, 1 orang
43. Penyuluh KB, - S1 Sosial, 1 orang
44. Penata Ruang, - S1 T. Planologi, 1 orang
45. Pengendali Dampak Lingkungan, - S1 Teknik Lingkungan, 1 orang
46. Pengawas Pengolahan Lahan Pertanian, - S1 Teknik Pertanian, 1 orang
47. Auditor, - S1 Teknik Sipil, 1 orang
48. Perencana, - S1 Teknik Sipil, 1 orang
49. Pengolah Hasil Hutan, - S1 Teknologi Hasil Hutan, 1 orang
50. Penyuluh Pertanian, - S1 Teknologi Hasil Pertanian, 1 orang
51. Penyuluh Pertanian, - S1 Teknologi Pangan dan Gizi, 1 orang
52. Penyusun Program Kegiatan, - S1/AIV Pend. Luar Sekolah, 1 orang
J U M L A H, 68 Orang
J U M L A H S E L U R U H N Y A, 395 Orang

II. SYARAT – SYARAT YANG HARUS DIPENUHI PELAMAR:

1. Warga Negara Indonesia;
2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 01 Januari 2009, dan berusia 40 tahun pada tanggal 01 Januari 2009 bagi yang memiliki pengalaman bekerja pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional paling kurang 5 (lima) tahun pada 17 April 2002;
3. Mengisi Daftar Riwayat Hidup sesuai dengan anak lampiran I-c Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 11 tahun 2002, tanggal 17 Juni 2002 (dilampirkan setelah lulus seleksi Penerimaan);
4. Mengisi Surat pernyataan sesuai dengan Anak lampiran I-d Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 11 tahun 2002, tanggal 17 Juni 2002 dibubuhi materai Rp. 6.000,- (dilampirkan setelah lulus seleksi Penerimaan);
5. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari POLRES setempat (dilampirkan setelah lulus seleksi Penerimaan);
6. Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter RSU Pemerintah setempat (dilampirkan setelah lulus seleksi Penerimaan);
7. Tidak terlibat atau menggunakan atau mengkonsumsi Narkoba, Zat Psikotropika yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter RSU Pemerintah setempat (dilampirkan setelah lulus seleksi Penerimaan);
8. Memiliki Kartu Pencari tenaga Kerja (AK-1) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir (dilampirkan setelah lulus seleksi Penerimaan);
9. Memiliki Akte Kelahiran (dilampirkan setelah lulus seleksi Penerimaan);
10. Memiliki Ijazah dan transkrip Nilai/Akta/Surat Tanda Tamat Belajar yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
11. Surat Pernyataan Mengabdi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir minimal 10 (sepuluh) tahun terhitung sejak diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil ditulis diatas kertas bermaterai Rp. 6.000,- (dilampirkan setelah lulus seleksi Penerimaan).

III. TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN:

1. Surat lamaran ditulis tangan memakai tinta warna hitam, diatas kertas bermaterai Rp. 6.000,- dan ditujukan kepada Bupati Samosir;
2. Dalam lamaran agar memilih salah satu jabatan yang dilamar;
3. Fotocopy sah Ijazah/Akta dan Transkrip Nilai yang disahkan oleh pejabat yang berwenang;
4. Fotocopy sah Surat Keputusan pengalaman kerja bagi yang berusia diatas 35 tahun;
5. Pas photo Hitam Putih tanpa penutup kepala uk. 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dengan menuliskan nama dan tanggal lahir dibalik pas photo tersebut;
6. Berkas pada no. 1 s/d 4 dibuat rangkap 2 (dua) dengan warna Map sebagai berikut:
• Tenaga Keguruan : Warna Merah
• Tenaga Kesehatan : Warna Kuning
• Tenaga Strategis : Warna Hijau
7. Surat lamaran dapat diantar langsung atau dikirimkan melalui Kantor Pos d/a Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Samosir Jln. Raya Rianiate Km. 5,5 Pangururan Kab. Samosir
8. Bagi surat lamaran yang dikirimkan melalui Kantor Pos berlaku ketentuan sebagai berikut :
a. Surat lamaran telah diterima di Badan Kepegawaian Daerah Kab. Samosir paling lambat tanggal 05 Desember 2008.
b. Dalam surat lamaran disertakan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk memudahkan komunikasi apabila ada berkas yang kurang lengkap.
c. Apabila Surat lamaran tidak sampai tanggal 05 Desember 2008 pada jam kerja (pkl 16.00 WIB) ke Badan Kepegawaian Daerah Kab. Samosir maka surat lamaran dinyatakan gugur.

IV. PENDAFTARAN
Pendaftaran dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 20 Nopember s/d 05 Desember 2008 pada setiap jam kerja, bertempat di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Samosir Jl. Raya Rianiate KM 5,5 Pangururan.

V. NOMOR UJIAN
Nomor peserta ujian Penerimaan CPNSD Kabupaten Samosir akan diberikan pada tanggal 12 Desember 2008, bertempat di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Samosir Jl. Raya Rianiate KM 5,5 Pangururan.

VI. SELEKSI PENERIMAAN CPNSD KABUPATEN SAMOSIR
1. Ujian Penerimaan CPNSD Kabupaten Samosir dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008.
2. Pengumuman hasil ujian Penerimaan CPNSD Kabupaten Samosir dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2008.

VII. LAIN – LAIN
1. Kelengkapan ujian Penerimaan CPNSD Kabupaten Samosir yang harus dibawa oleh setiap pelamar ;
a. Nomor Peserta Ujian;
b. Pensil 2B, penghapus dan penggaris
c. Alas tulis.
2. Data pelamar dalam setiap surat/berkas harus sesuai dengan data yang tercantum dalam ijazah/Akte Kelahiran dan Identitas lainnya.